Perkembangan Dunia IT di Samarinda

Diposting oleh Rifki Nugraha Blog 05/12/10

Perkembangan Dunia IT di samarinda masih kurang, dari segi  pengembangan dalam hal kreativitas dari SDM nya.

Tetapi ada 3 hal yang saya yakin masih bisa diperhitungkan, hal itulah yang akan saya bahas dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat ya :

Dari Segi Pendidikan
Dari apa yang saya lihat pada pengembangan dunia IT di Samarinda, pendidikan adalah hal yang cukup berkembang dalam dunia IT. Melalui banyak fasilitas-fasilitas pelatihan ataupun sekolah. Dasar-dasar IT seperti mengetik, browsing, dan komunitas merupakan hal yang umum dikalangan masyarakat dan pelajar.
Ditambah lagi banyaknya sekolah-sekolah khususnya SMK yang menjuruskan siswa siswanya lebih kepada IT {RPL (Rekayasa Piranti Lunak), TKJ (Teknik Komputer Jaringan), MM (Multimedia)}.
Tidak ketinggalan hebohnya para siswa pun semakin lama semakin berkembang.

Dari Segi Bisnis
Dari segi bisnis pun samarinda tidak tertinggal karena ada banyak masyarakat yang menghuni dunia maya yang dapat memanfaatkan bisnis melalui internet, walaupun saya lihat masih kurang.
Hal tersebut dikarenakan masih kurangnya penggunaan fasilitas dunia maya yang kurang maksimal penggunaannya (ex : Penggunaan blog sebagai media berbisnis). Padahal pengguna internet di samarinda ini tidak sedikit. untuk kedepannya, diharapkan ada seminar seminar yang dapat merangsang kreativitas orang untuk menggunakan kreativitas yang disediakan di dunia maya tersebut.

Dari Segi Komunitas
Menurut saya komunitas-komunitas di samarinda cukup bagus dan komunikatif, apalagi dengan banyaknya acara-acara rutin maupun BIG EVENT yang diadakan oleh komunitas-komunitas seperti :
Big Event AWARI Samarinda yang sedang berlangsung pada tanggal 2-5 Desember 2010;

  • Kopdar yang diadakan pada tanggal 2 Oktober 2010 lalu;
  • Komunitas Kopdar Tepian (Koprolers) yang selalu eksis nge-Update perjalanan komunitas mereka;
  • Komunitas Kaskuser yang biasanya ada di Dapoer Abah ;
  • Komunitas Ragnarok Private server yang biasanya ngumpul di El Kamiel (termasuk ane);
  • Kumpul Linuxer Samarinda Min, pada hari minggu tepatnya tanggal 31 Oktober 2010

Hal ini menunjukkan bahwa dalam hal komunitas samarinda menunjukkan perkembangan yang bagus, untuk kedepannya, lebih bagus lagi kalau berkumpul tidak sekedar berkumpul, kalau bisa berkumpul sekaligus mengadakan acara yang mendidik seperti share ilmu DLL.

Artikel ditulis untuk mengikuti Lomba Blog Big Event AWARI Samarinda.

Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat bagi yang membaca :D



0 komentar

Posting Komentar